Hari Perawat Internasional

Hari Perawat Internasional

Dalam dunia kesehatan, 12 Mei merupakan hari yang cukup penting. Karena pada hari tersebut, kesehatan internasional memperingatinya sebagai hari perawat internasional atau Internasional Nurse Day.

Tujuan dari adanya peringatan tersebut adalah sebagai momentum pengingat jasa para perawat bagi kesehatan di seluruh dunia. Selain itu, pada 12 Mei merupakan hari ulang tahun dari Florence Nightingale yang merupakan seorang perawat asal Inggris yang secara luas dianggap sebagai pendiri keperawatan modern.

Florence Nightingale - Wikipedia
Florence Nightingale – Source by Wikipedia

Tema Hari Perawat Internasional

Pada tahun ini International Council of Nurses (ICN) atau Dewan Perawat Internasional menentapkan tema yakni “A Voice to Lead – Invest in Nursing and respect rights to secure global health” atau “Suara untuk Mempelopori – Berinvestasi dalam keperawatan dan menghormati hak demi mengamankan kesehatan global.”

Maksud dari tema tersebut yakni untuk mewujudkan bagaimana keperawatan di masa depan untuk mengubah perawatan kesehatan yang lebih maju.

Sejarah Hari Perawat Internasional

Perayaan hari perawat internasional ini telah dirayakan oleh Dewan Perawat Internasional sejak tahun 1965 dan pada 1974 ICN menetapkan tanggal 12 Mei sebagai Hari Perawat Internasional.

Penentuan hari tersebut berasal dari hari lahir dari Florence Nightingale yang merupakan tokoh penting dalam dunia keperawatan yakni pada 12 Mei 1820.

Florence menghabiskan waktunya untuk memimpin sekelompok perawat dan membantu merawat tentara saat Perang Krimea. Selain itu, ia juga berjasa dalam meresmikan sekolah keperawatan bernama Night School of Nursing St. Thomas’ Hospital di London pada tahun 1860.

Keberhasilannya dalam membuka sekolah keperawatan tersebut mendorong pendirian sekolah keperawatan yang serupa di tempat lain seperti Sydney Infirmary and Dispensary atau yang sekarang menjadi Sydney Hospital dan Bellevue Training School for Nurses.

Selain menjadi sebuah pemicu untuk muncul nya sekolah keperawatan lainnya, hadirnya sekolah keperawatan rintisan tersebut membuat profesi keperawatan modern mulai diakui secara luas.

Next PostRead more articles

Leave a Reply